Ini Dampak Negatif Jika Tubuh Kamu Terlalu Kurus

Disaat banyak orang yang ingin menurunkan berat badan karena kegemukan, mungkin bagi anda sebaliknya. Badan kurus justru jadi masalah vital anda saat ini. Tahukah anda tenyata badan kurus mempunyai risiko berbahaya bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Ini Dampak Negatif Jika Tubuh Kamu Terlalu Kurus

Dampak Negatif Tubuh Terlalu Kurus

Lalu, apa sajakah dampak negatif jika tubuh kita terlalu kurus ? Dalam artikel ini kita akan kupas tuntas semuanya.

Tulang Lemah

Orang yang kurus identik dengan kekurangan lemak, sedangkan lemak merupakan pendukung terbentuknya hormon estrogen pada wanita. Hormon ini mempunyai fungsi untuk menjaga dan menguatkan tulang. Bila kadar lemak tubuh sedikit maka produksi estrogen juga menurun, sehingga berisiko meningkatkan kesehatan tulang.

Keguguran

Dalam sebuah observasi ‘London School of Hygiene & Tropical Medicine’ orang yang mempunyai badan kurus (wanita) mempunyai kekuatan rahim yang lebih rendah dari orang dengan berat badan ideal, sehingga berisiko 72% lebih tinggi alami keguguran pada trimester pertama.

Depresi

Baik wanita maupun pria yang berbadan kurus, mereka mempunyai risiko depresi 12% lebih tinggi daripada orang gemuk.

Sakit Paru-paru

Terutama bagi mereka lansia berbadan kurus, penyakit paru seperti asma dan bonkitis adalah penyakit yang berisiko tinggi muncul di hari senja mereka. Selain itu, pada lansia berbadan kurus juga dapat terjadi pneumonia, badan kurus membuat adipokin dalam tubuh rendah, sehingga mempengaruhi daya tahan tubuh.

Gangguan Kesuburan

Pada wanita kesuburan rahim dapat menurun akibat tubuh kekurangan hormon estrogen, sehingga wanita sulit dibuahi atau dalam kata lain mengalami kemandulan.

Sedangkan pada pria, kualitas sperma bisa terganggu akibat jumlah dan kepekatannya yang menurun karena badan terlalu kurus, sehingga sperma gagal membuahi sel telur.

Gangguan Hati

Orang yang mempunyai badan kurus memang kerap di kaitkan dengan risiko penyakit dalam, tak hanya paru-paru saja. Jika badan kamu terlalu kurus maka gangguan organ hati pun bisa menyerang kami, sebagaimana dilansir oleh American Heart Assosiation, parahnya kerusakan hati yang terjadi akan bersamaan dengan rusaknya jantung, memicu penuruna fungsi otak dan paru-paru.

Anemia

Hampir 90% orang kurus terserang penyakit anemia atau kurang darah. Hal ini terjadi akibat kurangnya pasokan nutrisi yang mencukupi, sehingga metabolisme tubuh tidak terjaga dengan baik, dengan keadaan ini daya tahan tubuh juga menurun sehingga kamu bisa lebih mudah sakit.

Menopause Dini

Bahaya badan terlalu kurus pada wanita diantaranya adalah menopause dini, gangguan hormon dan menstruasi tidak lancar atau bahkan tidak menstruasi sama sekali.

Menopause dini adalah hilangnya kesuburan wanita lebih cepat dibanding usia seharusnya, masa subur wanita terjadi antara usia 9 s/d 45 tahun.

Demensia

Menurunya fungsi dan kesadaran otak itulah yang disebut dengan demensia, dalam istilah sehari-hari lebih dikenal dengan nama pikun. Hal ini berhubungan erat dengan memori otak jangka pendek, pemikiran, kefasihan bicara dan tingkat kemampuan motorik.

Menurut The Lancet Diabetes & Endrocrinology, seseorang yang kurus mempunyai risiko 34% mengalami demensia dibanding orang bertubuh ideal.

Masih banyak hal lain yang harus anda tahu…

Jangan puas baca sampai disini…

Untuk menaikan berat badan, segera minum obat penggemuk badan yang tepat ya !

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat Via WhatsApp