Manfaat Spirulina

Terdapat banyak manfaat spirulina untuk kesehatan maupun kecantikan. Disini kita akan membahas tentang Manfaat Spirulina Untuk Menggemukkan Badan & Efek Sampingnya bagi kesehatan tubuh. Silahkan baca artikel ini sampai akhir, jangan lupa untuk order obat penggemuk badan spirulina kapsul yang tersedia di situs kami ini.

Manfaat Spirulina

Manfaat Spirulina Untuk Menggemukan Badan

Menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia) Spirulina merupakan “makanan yang terbaik abad ke 21” dengan kandungan protein tinggi, asam amino, berbagai mineral, vitamin, karotenoid serta berbagai nutrisi lain yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia.Makanan apapun yang mengandung spirulina dinilai mempunyai khasiat lebih untuk kesehatan, terutama untuk menambah berat badan. Dengan memakan 2 gram spirulina dalam sehari, sudah mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. Bahkan para astronot luar angkasa juga membekal spirulina sebagai bahan makanan diatas sana.

Banyak orang yang belum tahu khasiat spirulina untuk kesehatan, maka dari itu kami juga akan melengkapi artikel ini dengan membahas tentang kandungan dan khasiat spirulina yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

Jika diteliti lebih dalam, selain dapat menambah berat badan agar cepat ideal dan sehat, ternyata spirulina juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut berbagai manfaat spirulina menurut berbagai sumber :

Tinggi Nutrisi

Dalam setiap 7 gram spirulina bubuk setidaknya mengandung :

  1. 4 gram protein.
  2. 11% Thiamin (Vit. B1)
  3. 15% Riboflavin (Vit. B2)
  4. 4% Niasin (Vit. B3)
  5. 21% Tembaga.
  6. 11% Zat Besi.
  7. Magnesium, kalium dan mangan.
  8. 20 Kalori.
  9. 1.7 Gram karbohidrat.
  10. 1 Gram lemak (asam lemak omega 6 dan 3).

Kualitas protein yang terdapat dalam spirulina dinilai sangat baik, bahkan sebanding dengan telur. Spirulina juga mengandung semua asam amino esensial yang dibtuuhkan tubuh manusia.

Kaya Antioksidan & Anti-Inflamasi

Proses oksidatif berisiko tinggi merusak DNA dan sel-sel dalam tubuh. kerusakan ini dapat menyebabkan peradangan kronis yang dapat memicu penyakit kanker dan berbagai penyakit lain.

Spirulina merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus, dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif, komponen aktif utamanya disebut phyconyanin yang menjadikan spirulina berwarna biru-hijau yang terlihat unik dan menarik.

Untuk pengetahuan bahwa Phycocyanin dapat menahan radikal bebas dan mencegah terjadinya inflamasi, memberikan efek antioksidan & anti-inflamasi yang lebih bagus dibandingkan bahan-bahan lain sekelasnya.

LDL dan Trigliserida

Tahukah anda bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar di dunia ?. Berhati-hatilah karena awal penyakit ini terjadi akibat hal sepele, yaitu tersumbatnya aliran darah menuju jantung akibat penumpukan kolesterol.

Tenyata, spirulina mampu memberikan keuntungan lebih untuk orang yang ingin menambah berat badan akan tetapi terbebas dari kolesterol dan trigliserida. Jika anda ingin menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida kemudian ingin memperbanyak HDL (kolesterol baik) bagusnya anda konsumsi spirulina.

Sebuah penelitian menemukan bahwa 25 orang yang terkena penyakit diabetes dan mengonsumsi 2.2 gram spirulina setiap hari mengalami perubahan signifikan. Studi lain juga menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram spirulina setiap hari dapat menurunkan trigliserida sebanyak 16.3% dan LDL sebanyak 10.1%, berbagai penelitian lain berlanjut untuk mengetahui efek menguntungkan apa saja yang bisa didapat dari spirulina.

Manfaat Spirulina

Anti-Kanker

Banyak bukti menunjukan tentang khasiat spirulina untuk melawan kanker. Sebagai contoh, terjadi pada hewan uji bahwa spirulina dapat mengurangi terjadinya kanker dan tumor. Spirulina dipelajari dengan baik berkaitan dengan kanker mulut.

Sebuah penelitian mengamati manfaat spirulina pada 87 orang india (prakanker) disebut OSMF didalam mulut. Setelah mmemakain 1 gram spirulina setiap hari dalam jangka waktu setahun, 45% dari mereka mempunya regresi dimulut dibanding 7% yang kontrol.

Dalam setudi lain, 40 subjek prankanker OSMF yang mengonsumsi 1 gram spirulian setiap hari mendapatkan perbaikan yang lebih besar pada bagian gejala yang khasiatnya lebih bagus dibandingkan dengan obat Pentoxifylline.

Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanand arah tinggi adalah pembunuh tak terlihat, menimbulkan serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal kronis. Sementara itu dosis 4.5 gram spirulina jika dikonsumsi rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah ke tingkat normal.

Karena spirulina mampu mendorong peningkatan produksi nitrit oksida yaitu sebuah molekul yang mampu melebarkan pembuluh darah dan membuatnya lebih tenang.

Rhinitis Alergi

Salah satu tanda terjadinya penyakit rhinitis adalah radang pada saluran hidung. Hal ini berkaitan erat dengan alergen lingkungan seperti serbuk sari bunga, bulu binatang atau debu gandum / padi.

Spiruina merupakan obat alanternatif yang sangat terkenal untuk memerangi gejala rinitis alergi, banyak elemen masyarakat membuktikan bahwa cara pengobatan ini efektif.

Sebuah penelitian terhadap 127 orang yang menderita rinitis alergi, diberikan 2 gram spirulina secara berkala dapat menguarngi gejala seperti keluarnya cairan hidung, bersih, hidung tersumbat dan gatal.

Anemia

Terdapat banyak sekali jenis-jenis anemia yang berbeda, paling umum ditandai dengan turunya kadar hemoglobin (sel darah merah) dalam darah. Anemia dapat menyebabkan rasa lemas dan kelelahan yang berkepanjangan.

Sebuah studi pada 40 orang usia lanjut yang mempunyai riwayat anemia, suplementasi menggunakan spirulina mampu meningkatkan kadar hemoglobin sel darah merah dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Akan tetapi baru studi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai khasiat spirulina untuk anemia.

Memperbaiki Otot

Otot dapat mengalami kerusakan dan kelelahan. Sumber nabati tertentu mempunyai antioksidan yang cukup kuat untuk memaksimalkan fisik, terutama bagi mereka yang menjadi seorang atlit atau sibuk dengan urusan-urusan fisik.

Tampaknya, spirulina mempunyai manfaat untuk hal ini. Karena banyak studi menunjukan bahwa spirulina mampu meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh.

Dua pengamatan terbukti bahwa spirulina meningkatkan daya tahan tubuh secara signifikan yang dibutuhkan bagi orang yang mudah lelah. Sebuah perguruan tinggi atlet menemukan bahwa suplementasi spirulina meningkatkan kekutan otot, tetapi tidak mempunyai efek terhadap daya tahan tubuh.

Gula Darah

Spirulina dalam sebuah penelitian ditemukan dapat menurunkan kadar gula darah dalam waktu singkat. Dalam beberapa kasus diabetes, spirulina ternyata lebih unggul dibanding obat diabetes yang populer seperti Metformin.

Pengamatan dilakukan terhadap 25 orang yang terkena diabetes tipe 2 dengan cara memberikan 2 gram spirulina setiap hari, ternyata gula darah mereka tutun dengan sangat mengecankan.

HbA1c, penanda tingkat gula darah jangka panjang menurun dari 9% menjadi 8%. Studi memperkirakan bahwa menurunya 1% gula darah ini dapat memperkecil risiko kematian terkait diabetes hingga 21%.

Manfaat Spirulina Untuk Kecantikan

Manfaat Spirulina Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk menambah berat badan, spirulina hijau (platensis spirulina) juga bermanfaat untuk kencatikan, diantaranya :

Rambut dan Kuku

Berbagai mineral yang ditemukan pada spirulina layaknya zat besi, sangat penting untuk mendukung kesehatan rambut, kulit dan kuku (By, Morris).

“Lemak yang terkandung dalam spirulina (GLA) berperan dalam menjaga rambut agar tetap berkilau dan juga mencegah radang pada kulit. Lemak ini dapat diserap melalui asupan sehat spirulina. Dapat pula digunakan secara topikal menjadi masker wajah atau lebih dikenal dengan sebutan masker spirulina platensis.

Garis dan Kerutan

Anda juga harus tahu bahwa manfaat spirulina lainnya adalah untuk mempercantik kulit yang kasar dan banyak kerutan. Spirulina dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan, meningkatkan elastisitas dan memberikan cahaya kemerahan pada kulit wajah secara internal. JUga dapat digunakan sebagai masker wajah. Sebagai mana diungkap oleh Susan Smith Jones, PhD dalam bukunya yang berjudul Walking Air 30 Day Rejuvenation Makeover.

Lingkaran Hitam Pada Mata

Spirulina dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat jaringan kulit. “Efek detoksifikasi spirulina dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam atau bayangan lain, mengatasi kekeraingan dan iritasi pada mata atau kulit disekitar mata” pendapat ini dikuat oleh Dr. Joel Schlessinger.

Jerawat dan Kutil

Sebagian besar studi Schlessinger juga menemukan bahwa spirulina dapat memperbaiki jerawat dan menghilangkan bakteri pada permukaan kulit yang ditumbuhi jerawat. Dalam praktik dermatologinya, Schlessinger juga menemukan bahwa spirulina dapat digunakan untuk perawatan kutil. Sebagaimana ungkapnya “Sebagian besar pasien kutil saya menemukan cara mudah untuk menangkal kutil baru dan menyembuhkan orang yang mempunyai kutil bandel dengan lebih sedikit perawatan.

Itulah berbagai manfaat spirulina untuk menggemukan badan, untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit, serta untuk kecantikan. Banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh dengan rutin mengonsumsi spirulina. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat untuk seluruh pembaca !

Sumber :

  • https://visual.ly/community/infographic/health/what-organic-spirulina
  • https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-spirulina
  • http://stylecaster.com/beauty/spirulina/

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat Via WhatsApp